Laman

Selasa, 10 Februari 2015

KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI

KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI



KEPEMIMPINAN DALAM BEROGANISASI
i.                    PENDAHULUAN

Manusia adalah makhluk social yang tidak dapat hidup sendirian dan sangat membutuhkan bantuan orang lain. Begitupun dengan pemimpin , seseorang yang menjadi pemimpin tentu saja membutuhkan suatu hubungan dengan rekan kerjanya atau dengan bawahannya. Sehingga dalam suatu perusahaan dapat terjalin hubungan yang baik.
       Hersey dan Blanchard (1982) mengatakan bahwa: In essence leadership is a broader concept thn management. Namun menurut Davis (1967): Leadership is part of management, but not all of it. A manager is required to plan and organize, for example, but all we ask of the leader is that he gets others to follow. Kepemimpinan lebih berhubungan dengan efektivitas, sedangkan memanajemeni lebih berhubungan dengan efisiensi. Bennis mengatakan bahwa pemimpin do the right things sedangkan manajerdo the things right.
      Tugas dan fungsi utama pemimpin pada zaman manapun ialah berperan dalam memberikan jawaban secara arief, efektif, dan produktif atas berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi pada zamannya. Hal tersebut dilakukan bersama-sama dengan orang-orang yang dipimpinnya serta sesuai dengan posisi dan peran masing-masing dari dan dalam organisasi yang dipimpinnya, serta dengan nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban yang menghikmati kehidupan masyarakat bangsa bahkan bangsa-bangsa. .  Tujuan kepemimpinan adalah membantu orang untuk menegakkan kembali, mempertahankan dan meningkatkna motivasi mereka.

ii.                  PEMBAHASAN

Setelah diatas kita mengetahui sedikit apa itu pemimpin dan kepemimpinan dan di pembahasan ini saya akan mencoba memasukan pengertian tentang pemimpin atau kepemimpinan tersebut kedalam suatu organisasi atau perusahaan. Perusahaan yang saya ambil adalah Yamaha. Jadi pembahasan yang akan kita singgung adalah kepemimpinan dalam perusahaan Yamaha. Mengapa saya mengambil Yamaha ? karena salah seorang saudara saya bekerja di perusahaan Yamaha dan menjabat menjadi super viser yang otomatis sering mengetahui secara utuh sikap dan tingkah laku para pemimpin dalam perusahaan Yamaha.

a.      PEMIMPIN DALAM DIRI SENDIRI
Yang di maksud dari judulnya ialah para pemimpin yang memimpin baik suatu perusahaan atau organisasi telah memiliki jiwa pemimpin yang alami di dalam dirinya. Mengapa begitu? Pemimpin yang baik ialah pemimpin yang memiliki jiwa pemimpin yang alami dari dalam dirinya. Saya ambil contoh para pemimpin yang ada di dalam perusahaan Yamaha, menurut kebanyakan orang yang bekerja di Yamaha para pemimpin yang ada di Yamaha adalah orang yang tegas dalam memimpin. Karena sikap tegas itu yang mampu membuat para rekan kerja atau bawahan dapat bekerja dengan baik tanpa melakukan kesalahan sedikit pun. Sikap tegas itu pun timbul dari dalam dirinya sendiri. Sangat sulit sikap tegas itu timbul dengan cara di buat-buat. Tentu akan ada perbedaan di dalamnya.
b.      HUBUNGAN ANTAR REKAN KERJA
Maksud yang dapat di artikan dari hubungan antar rekan kerja ialah seorang pemimpin harus dapat mebuat suatu hubungan yang baik antar rekan kerja baik walaupun dengan bawahan sekalipun. Tentu saja di dalam perusahaan Yamaha memiliki hubungan yang baik. Baik antara sesama , dengan bawahan ataupun dengan atasan. Semua itu dapat terwujud dengan perusahaan Yamaha sampai sekarang masih tetap menjadi perusahaan motor terbaik yang ada di Indonesia. Setiap program yang di jalankan oleh suatu perusahaan tentu saja harus pengorganisasian yang baik sehingga dapat membuat hubungan antar rekan kerja yang akan melakukan suatu kegiatan baik internal maupun eksternal dapat menghasilkan hasil yang terbaik.
c.       SISI PSIKOLOGI DAN SPIRITUAL DALAM  KEPEMIMPINAN
Yang pertama yaitu sisi psikologi berupa setiap pemimpin harus memiliki jiwa psikologi yang baik. Psikologi yang baik yaitu semua para pemimpin memiliki jiwa yang sehat dan intelektual yang melebihi bawahannya sehingga dapat menjalankan suatu organisasi ataupun perusahaan yang baik untuk mencari suatu tujuan yang di cita-citakan. Yang kedua yaitu diliat dari sisi spiritual berupa  setiap pemimpin harus bisa selalu berpedoman dalam tingkat keagaam yang baik sehingga dapat memimpin perusaahaan yang baik. Banyak di antara para pemimpin sekarang yang tidak memiliki jiwa spiritual yang baik sehingga banyak yang melakukan korupsi atau tindak kejahatan lain yang berawal dari hampanya jiwa spiritual dala dirinya. Yamaha juga jika tidak memiliki 2 aspek itu tidak akan dapat bertahan dalam perusahaan yang baik dan manajemen yang sangat memuaskan sehingga selalu menjadikan perusahaan yang selalu di kenal oleh masyarakat.
d.      DAPAT MEMANAJEMEN DENGAN BAIK
Ini adalah aspek terpenting yang harus di miliki setia pemimpin. Suatu pemimpin yang baik dalam suatu perusahaan maupun organisasi harus bisa memanajemen perusahaan itu dengan baik. Yamaha salah satu perusahaan motor yang sangat besar dan memiliki para pemimpin yang dapat memanajemen perusahaan tersebut dengan sangat baik. Para pemimpin Yamaha rata-rata berasal dari jepang yang sangat terkenal dengan sikap kepemimpinan yang sangat tegas,disiplin dan memiliki pola pemikiran yang baik sehingga dapat memanajemen suatu perusahaan agar tetap bisa eksis dalam waktu lama. Semua itu di perlukan mulai dari manajemen tingkat bawah sampai tingkat atas.


iii.                PENUTUP

Kesimpulan yang di dapat dari artikel ini yang membicarakan mengenai kepemimpinan dalam suatu perusahaan atau organisasi yaitu para setiap pemimpin harus memiliki jiwa kepemimpinan dari dalam sendiri. Selain itu masih banyak aspek yang harus di miliki setiap pemimpin sehingga suatu perusahaan tersebut dapat selalu eksis dan produktiv dalam melakukan manajemen perusahaan tertentu.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar